Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin Lewat Aplikasi Peduli Lindungi

Sekarang Peduli Lindungi tidak hanya tersedia dalam laman website saja, namun juga sudah tersedia versi aplikasinya. Tentu saja, hal ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses data vaksin. Namun ternyata ada sebagian orang yang masih tidak mengetahui cara cek dan download sertifikat vaksin lewat aplikasi. Mungkin karena terlalu terbiasa menggunakan lama website.

Jika biasanya masyarakat harus menunggu sms yang berisi link di handphone masing-masing. Jika menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, masyarakat tidak perlu melakukannya. Tidak perlu menunggu sms dari pihak Satuan Tugas Covid-19. Masyarakat tinggal membukanya di aplikasi saja, bagaimana caranya? Berikut ini adalah tahap-tahapnya:

1. Download Aplikasi Peduli Lindungi

Bagi orang yang belum memiliki aplikasi ini di smartphonenya. Tentu saja, harus mendownload lebih dulu aplikasi ini. Aplikasi Peduli Lindungi bisa diunduh baik di Play Store dan App Store sehingga bisa digunakan di berbagai smartphone dengan basis sistem operasi apapun.

Sehingga bisa digunakan di berbagai smartphone dengan basis sistem operasi apapun. Dari segi ukuran, aplikasi Peduli Lindungi ini tidak terlalu berat. Jadi tidak akan membebani smartphone pengguna dan bisa dipasang di spesifikasi yang minimum sekalipun.

2. Membuat Akun pada Aplikasi

Jika pengguna belum pernah mengakses aplikasi Peduli Lindungi sebelumnya maka pengguna akan diminta untuk membuat akun pada aplikasi. Pada dasarnya setiap orang sudah terdaftar pada data Peduli Lindungi. Jadi yang perlu dilakukan pengguna hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

Kemudian menghubungkannya dengan nomor handphone yang aktif dan email yang aktif. Lebih baik menggunakan nomor handphone yang sama dengan yang digunakan pada pendaftaran vaksin. Hal ini akan memudahkan tracking dan pendataan dari pihak aplikasi Peduli Lindungi.

3. Verifikasi Nomor Telepon dan Email yang Didaftarkan

Cara cek dan download sertifikat vaksin selanjutnya adalah melakukan verifikasi nomor telepon dan email. Setelah memasukkan nomor telepon dan email pada Peduli Lindungi. Pengguna perlu melakukan konfirmasi lagi terutama untuk email yang didaftarkan pada aplikasi. Buka email dan klik link konfirmasi yang dikirimkan. Untuk konfirmasi nomor telepon akan ada kode verifikasi yang akan dikirimkan aplikasi melalui SMS.

4. Membuka Fitur Aplikasi yang Terkunci

Setelah memiliki akun dan bisa membuka aplikasi Peduli Lindungi, tidak semua fitur dalam aplikasi langsung terbuka. Beberapa fitur seperti pendaftaran vaksin, jadwal vaksin, download sertifikat vaksin masih terkunci dalam aplikasi. Untuk membukanya agar bisa mengecek dan mendownload sertifikat vaksin pengguna perlu membuka fitur tersebut.

Cara dengan masuk ke menu akun, kemudian masuk ke menu akun. Pada menu tersebut akan ada pilihan ‘Riwayat dan Tiket Vaksin’ dan ‘Sertifikat Vaksin’. Klik pada pilihan ‘Sertifikat Vaksin’ di dalam pilihan tersebut nama pengguna akan tertera dengan tanda gembok di sebelahnya.

Untuk membukanya pengguna akan diminta untuk memasukkan NIK lagi dan tempat, tanggal lahir. Kemudian konfirmasi satu kali lagi, fitur akan terbuka setelah NIK sudah dikonfirmasi. Tidak lama kemudian sertifikat akan muncul sesuai dengan jumlah vaksinasi yang sudah dilakukan oleh pengguna.

5. Download Sertifikat Vaksin

Untuk download sertifikat vaksin pengguna tinggal mengklik sertifikat vaksin yang diinginkan. Kemudian klik ikon titik tiga yang ada di pojok kiri atas layar. Pada ikon tersebut akan ada pilihan download yang bisa di klik pengguna. Tidak butuh waktu lama sertifikat vaksin akan masuk ke dalam file galeri dalam format JPG.

Itulah cara cek dan download sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi. Pengguna sekarang tidak perlu lagi membuka situs Peduli Lindungi dan memasukkan NIK berulang kali untuk mengecek dan mendownload sertifikat vaksin. Karena dengan Peduli Lindungi versi aplikasi pengguna bisa mengakses dan mendownload sertifikat dengan lebih muda.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Ovo Point Agar Transaksi Bisa Jadi Lebih Untung

Leave a Comment