Cara Cek Saldo e-Toll Tanpa NFC

Bisakah melakukan cek saldo e toll tanpa nfc? E-Toll merupakan salah satu produk e-money miik Bank Mandiri. Untuk melakukan top up saldo atau mengecek sisa saldo seharusnya bisa menggunakan aplikasi. Namun tidak semua gawai bisa digunakan mengecek saldo. Karena gawai membutuhkan teknologi Near Field Comunication untuk membaca data kartu.

Jika gawai yang dimiliki belum support teknologi ini, maka jangan khawatir. Masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek saldo. Usahakan untuk biasa mengecek saldo kartu sebelum melakukan perjalanan. Terutama jika perjalanan tersebut membutuhkan kartu uang atau e-money untuk membayar. Misalnya untuk naik KRL, Transjakarta, atau masuk tol.

Cara Cek Saldo e-Toll Tanpa NFC

Apa yang harus dilakukan untuk cek saldo e toll tanpa nfc? Tidak masalah jika gawai belum support teknologi NFC, 5 cara berikut bisa dipilih yang paling mudah. Pilihan cara berikut bukan untuk mempersulit, meskipun mungkin sedikit ribet karena harus mencari tempat yang tepat dan terdekat:

1. Melalui ATM

Cara ini sebenarnya paling mudah. Jika Anda sedang berada di daerah yang asing, lakukan pengecekan lokasi ATM Mandiri terdekat melalui Google Map. Kemudian pastikan di mesin ATM tersebut terdapat alat pemindai kartu e Toll. Ada di bawah lubang kartu debit atau di atas tempat uang. Setelah itu letakkan kartu pada tempatnya, kemudian di layar pilih cek saldo.

Selain melakukan cek saldo e toll tanpa nfc, Anda juga bisa melakukan top up di ATM menggunakan kartu debit Mandiri. Caranya masukkan kartu ke lubang kemudian masukkan pin seperti hendak transfer atau tarik tunai. Kemudian pilih menu pembelian, lalu pilih top up saldo e-toll. Mesin akan meminta Anda memasukkan 14 digit nomor kartu beserta nominal.

Setelah melakukan top up, lakukan update saldo untuk mengecek apakah saldo sudah bertambah sesuai nominal. Jangan lupa untuk mengeluarkan dan menyimpan kembali kartu setelah digunakan. Karena ada pengguna yang lupa dan meninggalkan kartunya di mesin ATM.

Baca Juga: Cara Cek Saldo e-Money

2. Internet Banking

Cara kedua untuk cek saldo e toll tanpa nfc adalah dengan mengunakan internet banking. Cara ini tentu hanya bisa dilakukan oleh nasabah Bank Mandiri. Pastikan sudah melakukan aktivasi akun sebelum login. Jika akun sudah siap, pastikan gawai atau laptop terhubung internet dengan koneksi stabil. Setelah siap, Anda hanya perlu login.

Setelah masuk ke dashboard pemilik akun, pilih icon untuk melakukan pengecekan e-money. Kemudian masukkan 16 digit angka identitas kartu. Setelah menunggu beberapa saat informasi lengkap transaksi yag dilakukan oleh kartu akan terbaca. Termasuk sisa saldo dan transaksi apa saja yang sudah dilakukan oleh kartu.

3. Minimarket

Cara ketiga untuk melakukan cek saldo e toll tanpa nfc ini paling praktis dilakukan. Hanya perlu datang ke minimarket terdekat. Bisa indomaret, alfamart, atau lainnya yang memiliki mesin EDC Mandiri. Mereka bisa melakukan pengecekan kartu menggunakan mesin EDC. Bisa juga melakukan pengisian ulang saldo e-Toll dengan mudah.

Keunggulan cara ini dibanding cara lainnya adalah bahwa cara ini tidak membutuhkan rekening bank mandiri. Sehingga siapapun bisa melakukan pengecekan tanpa tahu identitas asli kartu. Misal ada kartu yang ditemukan di jalan, bisa dicek dengan cara ini. Data pemilik juga bisa ditampilkan petugas minimarket jika kartu tersebut dibuat di kantor cabang bank tertentu.

4. Nomor Telkomsel

Telkomsel memiliki kode khusus untuk mengecek mandiri. Kode tersebut adalah *141*6#, kemudian akan muncul menu transaksi bank Mandiri pilih menu e-Money > masukan 16 Digit nomer yang ada di kartu e-Toll, secara otomatis sisa saldo e-Toll akan tampil di layar HP kamu. Transaksi melalui channel ini mengurangi saldo pulsa reguler. Untuk itu siapkan pulsa yang cukup sebelum melakukan transaksi.

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pemilik nomor Telkomsel sekaligus nomornya sudah terdaftar sebagai nasabah Bank Mandiri. Layar gawai akan meminta kode pin yang sudah diatur melalui sistem sebelum melakukan transaksi. Jika Anda bukan nasabah bank mandiri atau tidak memiliki nomor Telkomsel, maka cara paling aman adalah cara ke tiga di atas.

5. Teller/CS

Selanjutnya untuk melakukan cek saldo e toll tanpa nfc, bisa melalui teller atau customer service di kc bank mandiri terdekat. Mereka akan membantu mengecek saldo e-toll melalui sistem atau mesin EDC yang ada di kantor. Cara ini sebenarnya tidak membutuhkan rekening dan tidak harus menjadi nasabah Mandiri.

Namun untuk datang ke kantor cabang tanpa menjadi nasabah biasanya membuat sungkan. Padahal baik CS maupun teller tidak akan keberatan jika ada yang minta tolong untuk mengecek saldo e-Toll mereka. Atau jika keadaan mendesak, bisa juga minta tolong pada satpam yang bertugas, untuk mengecek saldo melalui ATM bank dekat kantor cabang.

Jadi, cara cek saldo e toll tanpa nfc sebenarnya mudah, bukan? Anda tidak harus menjadi nasabah bank Mandiri untuk memiliki kartu e-Toll. Hanya perlu tahu di mana bisa mengisi saldo dan bagaimana cara mengecek sisanya. Biasanya di gerbang tol tersedia info saldo trakhir kartu sehingga bisa waspada jika saldo menipis.

Leave a Comment