Cara Cek Tanggal Pembelian HP Samsung

Cara Cek Tanggal Pembelian HP Samsung

Teknokuys ♠ Cara cek tanggal pembelian hp samsung ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin membeli smartphone merk samsung keadaan seken atau bekas. Hal ini penting agar dapat mengira-ngira harga dari ponsel tersebut, apakah masa garansinya masih ada, berapa lama ponsel tersebut di tangan orang pertama dll.

Bagaimana cara mengetahui tanggal pembelian hp samsung dan kapan pertama kali hp samsung diaktifkan ? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, cara termudah adalah dengan melihat pada nota dan dus pembeliannya. Atau kamu juga dapat mengecek nomor IMEI dengan menekan *#06# pada aplikasi telepon lalu kamu cek nomor IMEI tersebut pada halaman situs resmi samsung.

Kamu akan mengetahui masa garansi dan tanggal pertama kali hp tersebut diaktifkan oleh orang pertama. Kalau masih bingung berikut ini sedikit penjelasannya.

Cara Cek Tanggal Pembelian HP Samsung

Usia smartphone sering dijadikan patokan ketika seseorang membeli hape seken, karena dari sana akan tahu apakah masih ada garansi atau tidak, disamping itu pemakaian beberapa bulan juga akan mempengaruhi harga dari smartphone tersebut.

Kalau masa garansinya masih ada tentu ketika hape tersebut mengalami kerusakan maka kamu bisa mendapatkan service gratis dari toko resmi maupun pusat servis Samsung. Namun kalau sudah lewat masa garansinya  maka kerusakan akan menjadi tanggung jawab sendiri.

Cek Tanggal Pembelian HP Samsung

Untuk itu kamu sebagai calon pembeli barang seken harus benar dalam pengecekan agar kamu tidak merasa menyesal dikemudian hari.

Untuk mengecek tanggal pembelian kamu dapat menggunakan cara berikut.

Mengecek pada dus box dan Kwitansi Pembelian

Tanyakan pada penjual apakah dus box dan nota pembeliannya masih ada. Kamu dapat mengeceknya dengan mudah disana.

Jika kwitansi pembelian hilang, maka kamu dapat menggunakan cara yang kedua yaitu dengan mengetahui nomor IMEI nya.

Menggunakan Nomor IMEI 

Cara yang kedua adalah dengan bantuan nomor IMEI, adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama buka aplikasi telepon lalu tekan *#06# pada menu telepon
  • Selanjutnya catat atau copy nomor IMEI tersebut
  • Buka browser lalu kunjungi situs resmi Samsung di https://samsungwarrantycheck.com/ atau di situs imei di http://www.imei.info 
  • Setelah situs terbuka, masukkan nomor IMEI yang tadi telah dicopy tadai. Tunggu beberapa saat
  • Situs akan langsung memproses nomor IMEI yang telah dimasukkan dan menampilkan semua informasi mengenai HP Samsung tersebut. Dari mulai spesifikasi yang dimiliki sampai masa garansinya, atau tanggal pembelian pertama kalinya.
  • Selesai

Mengecek Melalui Aplikasi Tambahan

Cara yang ketiga adalah dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu download melalui playstore. Caranya adalah :

    • Buka aplikasi playstore
    • Ketikkan aplikasi Phone INFO ★SAM★ oleh vndnguyen
    • Unduh dan install aplikasi tersebut
    • Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih pada bagian Android
    • Setelah itu, kamu akan melihat beberapa informasi, salah satunya adalah tahun keluaran hp Android milik mu di bagian build date
  • Kamu juga akan mengetahui secara detail informasi yang keluar dari sana mengenai HP Samsung tersebut. Salah satunya adalah kapan HP pertama kali digunakan.
  • Selesai

Cara yang saya sebutkan diatas ini juga sebenarnya dapat digunakan juga untuk cek garansi samsung, mengetahui hp samsung pertama kali diaktifkan. Dengan seperti itu nantinya kamu akan dapat bernegosiasi dengan benar tanpa ada pihak yang dirugikan.

Mudah bukan, kamu tinggal menggunakan salah satu cara tersebut yang kamu rasa mudah. 

Demikianlah cara cek tanggal pembelian hp samsung, semoga sedikit informasi ini dapat membantu. Silahkan di share jika dirasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like