Cara Melihat Pengguna WiFi IndiHome Melalui Berbagai Type Modem

Jika tiba-tiba WiFi terasa lemot, ini saatnya pengguna WiFi mengetahui cara melihat pengguna WiFi IndiHome. Jangan-jangan ada hacker yang sedang masuk ke jaringan internet pengguna. Secara umum terdapat tiga merk modem yang dipakai Indihome yaitu Fiberhome, Indihome ZTE dan Indihome Hua Wei.

Mengetahui pengguna gelap bisa lewat tiga modem ini. Berikur akan membahas cara-cara yang mungkin dilakukan untuk melihat siapa saja yang sedang memakai WiFi IndiHome lewat beberapa cara:

1. Memeriksa via CMD

Cara melihat pengguna WiFi IndiHome bisa dengan memakai CMD. Pengguna mesti mengakses program ‘Run’ dengan cara memencet tombol berlogo Windows+R secara bersama-sama di keyboard. Setelah program Run terbuka, ketikkan CMD lalu klik OK.

Akan ada kotak warna hitam yang namanya command prompt alias CMD. Setelah itu ketik “lihat jaringan” diikuti enter. Setelah itu ketikkan ‘arp-a’ diikuti enter. Maka sistem komputer akan menampilkan data IP semua pemakai IndiHome. Pengguna bisa memblokir yang dicurigai.

2. Memeriksa Via Fiberhome

Pengguna IndiHome yang belum lama mendaftar biasanya mendapatkan modem Fiberhome. Guna melihat siapa saja pengguna WiFi IndiHome Fiberhome, lakukan langkah ini: membuka menu login 192.168.1.1 peramban, seketika pengguna akan dibawa ke halaman login.

Pengguna akan dapat akses login pakai user name: admin dan kata sandi:  %0|F?H@f!berhO3e. Pengguna akan dibawa ke halaman dari admin dan pengguna harus mengklik “Status”, diikuti “Status Wireles” dan “List Pelanggan WiFi”. Di menu itu tertera banyak pengguna WiFi.

3. Memeriksa via ZTE

Bagi yang mendapatkan modem IndiHome ZTE, cara melihat pengguna WiFi Indihome tidak terlalu sulit agak mirip dengan Fiberhome. Address akses untuk login tidak berbeda juga, yang lain hanya dashboard dari admin.

Masuk ke login page pakai IP 192.168.1.1 atau 192.168.100.1. diikuti login pakai username dan kata sandi yang disediakan pada bagian bawah modem yang biasanya keduanya diisi dengan kata “Admin”. Seterusnya pengguna mesti masuk pada menu Jaringan > WLAN > Alat Asosiasi. Pengguna langsung dibawa pada laman berisi data tentang semua perangkat  yang tersambung pada IndiHomenya.

4. Memeriksa via Hua Wei

Untuk memeriksa pengguna gelap lewat modem Hua Wei, caranya sedikit beda dengan dua modem di atas. Urutan caranya ialah: Membuka 192.168.100.1 di peramban, secara langsung pengguna dibawa ke halaman login modem Huawei.

Setelah itu pakai detil akun: telecoadmin dan kata sandi admintelecom untuk login. Setelah halaman admin terbuka masuklah ke “Status” lalu “Pengguna” diikuti “Informasi Peralatan”. Pengguna akan dapat melihat banyak pemakai  IndiHomenya lengkap dengan keterangan online atau offline.

5. Memeriksa via Apps Tether

Inilah cara melihat pengguna WiFi IndiHome dengan memakai apps. Apps bernama Tether, bisa diunduk di GooglePlay dan dipakai jika pengguna memakai router TP-Link. Caranya unduh dulu apps Tether lalu pengguna mengklik ikon router yang bisa dideteksi.

Masuklah pakai nama pengguna default yang tersedia pada sisi bawah perangkat. Bila berhasil masuk, pengguna bisa melihat tampilan status tanpa kabel. Pilihlah menu “pelanggan”, akan tersaji data-data semua perangkat yang terhubung. Jika ada data yang mencurigakan, langsung hapus saja.

Itulah lima cara melihat pengguna WiFi IndiHome yang bisa dilakukan pengguna. Pengguna mesti melakukan secara rutin untuk memastikan jaringan IndiHomenya aman dari para hacker. Jika memang banyak penumpang gelap, sebaiknya ganti kata sandi. Atau bisa pula pengguna melakukan blokir pada perangkat tak dikenal yang terhubung ke WiFinya.

BACA JUGA: Simak Cara Memindah WhatsApp Ke HP Baru Tanpa Ganti Nomer

Leave a Comment