5 Cara Membuat Barcode di Word yang Paling Simple

Pemilik perusahaan harus mengetahui cara membuat barcode di word yang paling simple. Sebab, kode berbasis komputerisasi ini bisa dijadikan sarana untuk mengidentifikasi produk dengan mudah. Tidak hanya itu, penjual pun akan lebih mudah untuk menemukan produk karena tinggal mengeceknya melalui ponsel atau alat pengecek barcode saja.

Silakan ikuti tahapan ini untuk membuat barcode di Word. Ini merupakan sekumpulan urutan cara yang paling mudah. Selain itu, pemilik produk juga bisa menerapkannya secara gratis. Ini dia cara membikin barcode di Microsoft Word yang dimaksud:

1. Unduh Aplikasi Font Barcode

Mengunduh aplikasi Font Barcode wajib untuk pembuatan barcode. Pasalnya, di dalam aplikasi ini terdapat beberapa font kode yang akan digunakan. Salah satunya kode 39 dan code 128. Namun font kode yang umum adalah Kode QR. Sebab, kode ini dianggap mampu menyimpan banyak data dengan aman.

Silakan unduh aplikasi Font Barcode dan instal di perangkat komputer atau laptop. Jika ini tidak dilakukan, aplikasi tidak akan terpasang. Itu artinya proses download sia-sia karena perangkat tetap tidak bisa digunakan. Namun biasanya, proses instal berjalan secara otomatis pasca download sudah selesai.

2. Save Unduhan di Tempat Aman

Tahapan cara berikutnya silakan simpan unduhan di tempat aman (save). Nah, karena aplikasi masih belum dioperasikan, maka format yang tersedia hanya Winrar atau Zip. Tetapi tidak mengapa, tetap simpan file tersebut di drive lalu beri nama yang sesuai.

Ekstrak file unduhan terlebih dahulu jika ingin digunakan untuk membuat barcode. Caranya, silakan klik kanan pada nama file lalu pilih Extract File atau Extract File In Here. Nah, nanti akan muncul dua kode yang sama yaitu fre30f9x. Tugas berikutnya silakan block kedua kode tersebut lalu copy. Selanjutnya silakan masuk ke tahap cara membuat barcode di word yang ketiga.

3. Paste Font Kode di Drive C

Pastikan kode ganda fre30f9x di-copy terlebih dahulu (cara ke 2). Setelah itu, silakan buka Drive Local Disc C, lalu cari folder Windows dan klik. Jika muncul pilihan folder silakan pilih folder Fonts. Nah, silakan salin kode dengan cara klik kanan lalu pilih Paste.

Pengguna harus menutup Word dan restart komputer. Ini tujuannya untuk memastikan font yang diunduh telah masuk ke dalam Word. Jika proses restarted sudah selesai, silakan buka Word kembali. Cek font apakah font kode sudah masuk ke sana atau masih belum.

4. Mulai Membuat Barcode

Pada tahap ke empat pengguna sudah bisa membuat barcode. Caranya, silakan buka Microsoft Word lalu ketikkan angka yang akan dijadikan kode untuk barcode. Jangan lupa di setiap awal dan akhir kode ditambahkan simbol bintang (*). Ini menandakan kalau angka yang diketik bukan angka biasa.

Block angka keseluruhan lalu pilih font yang telah diunduh. Caranya, silakan cari di tab Home di kolom Font. Jika masih belum ketemu, scroll saja. Atau silakan klik tanda segitiga di sisi kiri. Hentikan di nama font yang telah diunduh lalu klik font tersebut.

5. Lakukan Editing Barcode

Silakan pengguna mulai melakukan editing barcode. Jika langkah 4 sudah selesai, biasanya barcode sudah terbuat. Namun, kadang ukurannya terlalu kecil. Jadi pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu dengan cara biasa. Yaitu block kode lalu pilih Tab Home tepatnya di fitur Font Size, lalu atur ukuran Sesuai keinginan.

Itulah cara membuat barcode di word yang sangat mudah dan simpel. Silakan diterapkan jika ingin produk lebih mudah diidentifikasi. Bisa juga untuk menyimpan data di tempat yang aman dan tentunya super canggih.

BACA JUGA: Berikut Cara Mengembalikan Chat Telegram yg Terhapus Dijamin Ampuh!

Leave a Comment