Cara Memperbaiki Laptop Lemot yang Bisa Dipraktekkan dengan Mudah

Masalah komputer yang lemot sudah sering dialami oleh pengguna komputer. Penyebabnya, bermacam-macam. Salah satunya adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstal di perangkat laptop. Sehingga, menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Namun, pengguna laptop tidak perlu cemas menghadapi masalah tersebut. Karena, berikut ini cara memperbaiki laptop lemot:

1. Menggunakan Aplikasi yang Sesuai dengan Kapasitas Komputer

Cara pertama yang bisa dilakukan pengguna laptop untuk mengatasi perangkat laptop yang lambat yaitu menggunakan aplikasi yang sesuai kapasitas komputer. Alasannya,  agar aplikasi yang ada di komputer bisa berjalan dengan baik. Sehingga, membuat performa laptop  menjadi lebih cepat.

Oleh karena itu, sangat penting   bagi pengguna laptop untuk mengetahui standar minimal yang harus dipenuhi oleh  sebuah aplikasi. Agar aplikasi  cocok dengan perangkat komputer yang akan dipasangi aplikasi. Supaya, aplikasi dapat berjalan secara maksimal. Serta, tidak mengalami masalah pada saat instalasi. Ataupun, ketika menjalankan aplikasi di komputer.

2.  Menghapus Perangkat Lunak yang Tidak Dibutuhkan

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, salah satu penyebab laptop yang lemot adalah terlalu banyak perangkat lunak yang tidak dibutuhkan. Adapun, tujuannya, adalah menghemat kapasitas penyimpanan yang ada di dalam laptop.

Akhirnya, membuat komputer lebih cepat. Jadi, sangat disarankan untuk pengguna laptop untuk bijak memilih aplikasi komputer yang sesuai. Agar komputer tidak lemot. Namun, jika terpaksa menginstal aplikasi lebih banyak. Pengguna komputer bisa menambahkan kapasitas penyimpanan pada perangkat laptop. Tujuannya, supaya performa komputer tidak lambat.

3. Menambahkan Kapasitas Ram Pada Laptop

Cara ketiga, yang mungkin bisa digunakan pemakai komputer sebagai cara memperbaiki laptop lemot. Adapun,  caranya,  pengguna laptop dapat menambahkan ram pada perangkat komputer. Sementara itu, fungsi dari penambahan kapasitas ram pada perangkat komputer adalah dapat mempercepat performa komputer.  

Penyebabnya adalah ukuran ram yang besar akan membuat kinerja komputer  menjadi lebih cepat. Sehingga, dapat mempersingkat waktu pemrosesan data di komputer. Selain itu, menambahkan kapasitas ram juga bisa membuat pengguna bisa menginstal perangkat lunak lebih banyak. Tanpa, khawatir performa komputer menjadi lambat.

4. Memasang Perangkat Lunak Penangkal Virus di Laptop

Cara keempat yang bisa dikerjakan oleh pengguna komputer untuk mengatasi masalah komputer ysng lambat adalah memasang perangkat lunak untuk menangkal virus yang ada di komputer. Alasannya, penyebab komputer yang lambat tidak hanya disebabkan oleh kapasitas penyimpanan. Ataupun, perangkat lunak yang ada di komputer. Tetapi, biasanya, komputer terkena virus komputer.

Virus yang menyerang komputer akan berakibat fatal. Karena ada beberapa jenis virus komputer yang bisa membuat perangkat komputer menjadi lebih lambat. Sementara itu, ada beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat yaitu: Virus Trojan, virus Worm. Virus tersebut, bisa menginfeksi bagian software komputer. Efeknya,  bisa membuat komputer lambat.

Oleh karena itu, pengguna komputer wajib memasang antivirus pada perangkat komputernya. Tujuannya, agar komputer bebas dari virus komputer. Namun, jika hal itu tidak dilakukan oleh pengguna. Virus tersebut selain bisa membuat perangkat komputer menjadi lambat. Virus tersebut, berpotensi untuk menghilangkan data-data pemilik komputer.  Jadi bagi pemilik komputer disarankan untuk menginstal anti virus.

5. Rajin Memperbaharui Sistem Operasi Laptop

Jika keempat langkah di atas belum mampu untuk memperbaiki komputer yang lambat. Pemilik komputer bisa memperbaharui sistem operasi pada laptop. Tujuannya, agar sistem operasi yang terdapat pada laptop bisa berjalan lebih cepat. Karena, tugas dari pembaharuan sistem operasi laptop  adalah menyempurnakan kelemahan yang terdapat di sistem operasi laptop sebelumnya.

Sekian, pembahasan lengkap tentang cara memperbaiki laptop lemot. Semoga pembaca dapat memahami langkah-langkah memperbaiki laptop yang lemot. Sehingga pembaca dapat mempraktekkannya dengan mudah.

BACA JUGA: Berikut Cara Hapus Background Foto dengan Mudah dan Cepat

Leave a Comment