5 Cara Mendownload File yang Sudah Kadaluarsa di Whatsapp dengan Mudah

Memang kesal jika ada data WA yang ingin dibaca tetapi malah terhapus dan sudah kadaluarsa. Nah, solusinya adalah pengguna harus mengetahui cara mendownload file yang sudah kadaluarsa di Whatsapp demi data tersebut bisa kembali digunakan. Bagi pengguna yang mengalami masalah ini maka silakan baca artikel ini sampai selesai:

1. Download Aplikasi File Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan pengguna untuk mendownload file WA kadaluarsa yaitu download terlebih dahulu aplikasi File Manager. Temukan aplikasi ini di Google Play Store lalu klik ikonnya dan klik fitur Download. Jika sudah selesai baru klik Instal agar aplikasi File Manager terpasang di android. Kalau aplikasi File Manager sudah muncul di android silakan buka aplikasi tersebut. Nanti akan muncul banyak pilihan menu yang harus dipilih oleh pengguna dan silakan memilih menu Database. Biasanya file WA yang sudah kadaluarsa berformat “crypt8” bukan yang lain.

2. Sambungkan Android ke Komputer

Pengguna perlu menyambungkan android ke komputer supaya proses download data kadaluarsa di WA berjalan lancar dan lebih mudah. Silakan gunakan kabel data untuk menyambungkannya lalu masukan kabel data tersebut ke lubang USB yang ada di CPU.

Pastikan sambungan ini berhasil yang ditandai dengan munculnya notifikasi android di dalam drive penyimpanan komputer. Namun jangan lakukan apapun terlebih dahulu melainkan pengguna segera masuk ke cara mendownload file yang sudah kadaluarsa di Whatsapp berikutnya.

3. Masuk ke Situs Recover Messages

Pada cara kali ini pengguna akan menggunakan sebuah situs yang bernama Recover Messages yang bisa diakses melalui link whatsappdatarecovery.com. Maka dari itu cara yang berikutnya ialah silakan buka situs di atas lalu pilih Select SQLite File. Langkah berikutnya silakan pengguna memilih fitur Back Up File karena tujuannya untuk men-download data yang memang kadaluarsa tetapi masih tersimpan di databases. Jika sudah selesai silakan klik Scan untuk memulai proses pengunduhan. 

4. Lakukan Verifikasi Data

Sebelum memulai proses pengunduhan pengguna harus memverifikasi data terlebih dahulu atau memeriksa data WA yang akan diunduh. Biasanya semua data akan muncul jika proses scanning sudah selesai dan pengguna tinggal melihat data-data tersebut untuk mengeceknya.

Kalau data yang muncul benar-benar data yang diinginkan maka klik saja fitur Download untuk mengunduhnya. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai proses downloading selesai lalu masuk ke fitur Download yang ada di drive komputer. Jangan lupa sebelumnya untuk klik kanan File lalu pilih opsi Lihat di Drive Komputer.

5. Memeriksa Data WA Hasil Unduhan

Langkah yang terakhir untuk mengunduh data kadaluarsa di WA ialah memeriksa data WA hasil unduhan untuk mengetahui apakah data masih bagus atau sudah rusak. Biasanya data akan dikembalikan secara normal seperti ketika baru dikirim pertama kali di aplikasi Whatsapp. Jika memang terjadi kerusakan mungkin karena data sudah terlalu lama atau karena format data tidak cocok dengan format yang ditentukan oleh situs. Maka dari itu pengguna harus berhati-hati dengan data ini dan kalau memang penting lebih baik diamankan saja jauh-jauh hari.

Itulah rangkaian cara mendownload file yang sudah kadaluarsa di Whatsapp. Jangan khawatir proses pasti berhasil 100% asalkan penerapannya benar serta data memang sudah di back-up terlebih dahulu.

BACA JUGA: 5 Cara Mengunci Whatsapp Tanpa Aplikasi Untuk HP Samsung

Leave a Comment