Cara Mengaktifkan Sidik Jari Realme

Cara Mengaktifkan Sidik Jari Realme

Cara mengaktifkan sidik jari Realme – Mengaktifkan sidik jari tentu akan menambah keamanan dari ponsel milik kamu, dan untuk memberikan keamanan pada smartphone sebenarnya sudah cukup dengan sandi maupun pola untuk mengunci layar. Namun akan lebih mudah lagi kalau kamu mengaktifkan sidik jari pada hp realme.

Tanpa harus memasukkan password maupun pola kamu hanya cukup menempelkan jari yang sudah digunakan untuk mengaktifkan sidik jari pada sensor fingerprint yang biasanya ada di belakang layar HP.

Cara Mengaktifkan Sidik Jari di Realme

Langkah-langkah ini cukup mudah dilakukan jadi perhatikan ya.

  1. Pertama buka pengaturan sistem
  2. Gulir ke bawah dan cari menu sidik jari, wajah & sandi
  3. Sebelumnya silahkan buat sandi layar kunci terlebih dahulu
  4. Buat pola terlebih dahulu yang mudah diingat
  5. Setelah itu barulah tambahkan sidik jari
  6. Masukkan pola yang tadi dibuat
  7. Silahkan pilih jari mana yang akan digunakan (biasanya menggunakan jari telunjuk tangan kiri)
  8. Lalu tempelkan sidik jari beberapa kali dengan cara tempelkan/sentuh lalu lepaskan sampai beberapa kali sampai sistem menampilkan notifikasi berhasil.
  9. Selesai

Kamu juga dapat menambahkan sidik jari yang lain untuk jaga-jaga ketika jari kamu kotor atau sedang terluka.

Pada pengaturan tersebut kamu juga dapat menggunakan sidik jari tersebut untuk mengunci apa saja, diantaranya adalah untuk kunci layar, kunci aplikasi, maupun brankas pribadi.

Buat Apa mengaktifkan Sensor sidik jari pada Realme

Dengan menambahkan sensor sidik jari tentu akan menambahkan keamanan menjadi semakin kuat dan kita menjadi banyak variasi untuk mengaktifkan layar smartphone kita.

Namun ada kekurangannya yaitu pola sidik jari yang didapat sangat bergantung pada kondisi kulit telapak jari. Jika jari kotor atau kulit jari sedang terkelupas, maka pemindai akan gagal dalam mengenali sidik jari.

Penyebab Sensor Sidik Jari Realme Lemot dan Tidak Respon

Mengapa sensor sidik jari gagal atau tidak respon pada HP Realme

Sebelum memperbaiki sensor sidik jari yang tidak merespon, kenali dulu beberapa penyebabnya yaitu :

  • Sensor sidik jari sudah tergores benda
  • Scan jari dalam keadaan jari basah
  • Scan dengan jari yang kotor atau berminyak
  • Masalah software (biasanya setelah melakukan update software)
  • Sensor sidik jari sudah rusak

Cara Memperbaiki Sensor Sidik Jari Realme

1. Bersihkan Sensor Sidik Jari

Cara pertama dan yang termudah adalah pastikan kondisi fingerprint atau sensor sidik jari dalam keadaan bersih, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan tisu sampai benar-benar bersih dari noda debu ataupun minyak

2. Bersihkan Jari Sebelum Scan

Jari yang kotor atau basah juga dapat menghalangi kerja sensor yang ingin men-Scan jari, jadi bersihkan jari terlebih dahulu sebelum di scan.

Setelah di bersihkan cobalah ulangi kembali menggunakan sidik jari.

3. Restart Smartphone

Sebelum melanjutkan langkah selanjutnya, cobalah untuk merestart smartphone sobat, karena dengan merestart smartphone akan menghilangkan eror dan mungkin bug yang terjadi pada smartphone.

Karena terkadang smartphone juga harus di refresh dan pembaruan setelah digunakan secara terus-menerus

4. Lakukan Perekaman Ulang

Cobalah lakukan pemindai ulang pada jari-jari kamu yang biasa digunakan untuk membuka layar kunci, hal ini sering terjadi karena setelah kita melakukan Update software pada smartphone biasanya ada pembaruan dan updatean.

Untuk itu dengan menghapus data sidik jari lama dan melakukan perekaman sidik jari baru biasanya akan berfungsi lagi.

5. Merekam Lebih dari Satu Sidik Jari

Daftarkan lagi jari-jari yang lain, karena sensor fingerprint ini sangat sensitif ketika jari-jarimu terkena debu, kotoran atau minyak atau sedikit lecet saja maka pemindai akan gagal menemukan sidik jari kamu.

Jadi alangkah baiknya jika sobat melakukan perekaman sidik jari lebih dari satu.

6. Lakukan Flash Ulang

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan Flashing pada smartphone atau kembalikan ke pengaturan awal dari pabrik.

Kalau cara terakhir ini masih belum juga maka jalan terakhir datanglah ke Service Center untuk melakukan perbaikan pada sensor fingerprint

Manfaat Lain Sensor Sidik Jari Pada Realme

1. Mengunci Aplikasi Tertentu

Di Awal sudah saya jelaskan bahwa sensor sidik jari ini juga dapat digunakan untuk mengunci maupun membuka beberapa aplikasi tertentu menggunakan sidik jari. Dengan seperti ini maka akan bisa mengamankan aplikasi-aplikasi Privacy dari tangan-tangan jahil yang ingin mengakses ponsel kamu.

Berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp, Instagram, dan lain-lain bisa kamu kunci dan akan lebih aman, selanjutnya untuk membuka aplikasi tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner yang telah disetel atau menggunakan password.

2. Menyembunyikan Foto di Galeri dan Brankas Pribadi

Jika kamu tidak mau orang-orang melihat foto tertentu dalam galerimu atau pada brankas pribadi maka bisa kamu setting pada pengaturan sidik jari.

Dengan tambahan sensor sidik jari ini maka keamanan photo dan video-video pribadi akan terjamin

3. Sebagai Pengganti Tombol Kamera

Selanjutnya, fingerprint sensor juga dapat digunakan sebagai pengganti tombol shutter kamera. Banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan ketika berswafoto sangat susah untuk menekan tombol shutter,sebagai gantinya kamu dapat menggunakan sidik jari untuk melakukan jepretan.

Penutup 

Itulah cara mengaktifkan sidik jari Realme dan beberapa cara mengatasi fingerprint yang tidak berfungsi, jika dirasa artikel ini membantu jangan lupa untuk share ke teman-teman ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
cara cek ram vivo
Read More

Cara Cek Ram Vivo

Daftar Isi1 Cara Cek Ram Vivo1.1 Menggunakan Menu Setting Android1.2 Menggunakan Aplikasi CPU-Z1.3 Melihat pada Dus Box Teknokuys…