6 Cara Mengatasi Baterai Hp yang Tidak Bisa Penuh, Mudah Sekali!

Salah satu masalah yang sering terjadi di Hp ialah di bagian baterainya. Beberapa kerusakan yang terjadi di baterai ialah baterai kembung, baterai bocor, hingga baterai tidak bisa penuh. Untuk permasalahan baterai tidak bisa penuh, ada beberapa solusinya. Berikut 6 cara mengatasi baterai Hp yang tidak bisa penuh dengan gampang:

1. Pastikan Kabel USB Sudah Terhubung dengan Benar

Pertama coba pastikan kabel USB yang digunakan, apakah sudah terhubung dengan benar. Biasanya kabel USB yang bengkok, tertekuk, atau terlilit tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Jadi, kabel tidak bisa mengalirkan listrik ke Hp dengan benar. Untuk itu pastikan kabel USB dalam keadaan baik, seperti tidak bengkok ataupun tertekuk. Pastikan pula tidak ada debu di port kabel USB. Port kabel USB yang kotor, bisa membuat kabel USB tidak berfungsi seperti biasa.

2. Periksa Charger yang Dipakai

Memeriksa charger yang dipakai menjadi cara mengatasi baterai Hp yang tidak bisa penuh selanjutnya. Mungkin saja charger sudah rusak, bisa dibagian kepalanya ataupun kabel USB nya. Untuk memeriksanya, coba gunakan Hp lain. Coba isi daya Hp lain, menggunakan charger itu. Bila tidak ada indikator mengisi daya, berarti charger memang rusak. Untuk mengetahui dimana letak kerusakannya, pengguna bisa mencoba menghubungkan kepala dengan kabel USB charger lain. Bisa juga menghubungkan kabel USB dengan kepala charger lain.

3. Pakai Charger Original

Banyak pengguna Hp yang menyepelekan masalah ini, padahal penggunaan charger original berpengaruh terhadap pengisian baterai. Ada banyak masalah baterai Hp tidak bisa terisi penuh, dikarenakan charger nya yang tidak original. Jika masalah itu dibiarkan, maka baterai Hp bisa rusak.

Untuk itu pastikan gunakan charger original dari merk Hp yang dipakai. Harga charger original memang mahal, namun awet dan tidak cepat rusak. Sementara charger palsu mempunyai harga murah, namun biasanya cepat rusak. Jadi uang yang dikeluarkan sebenarnya sama saja, lebih baik langsung membeli charger original.

4. Mengganti Baterai Hp

Mengganti baterai Hp menjadi cara mengatasi baterai Hp yang tidak bisa penuh berikutnya. Jika sebelumnya permasalahan ada di charger, maka kini bisa saja permasalahan sebenarnya ada pada baterai Hp. Baterai Hp yang digunakan bisa saja mengalami kebocoran, sehingga tidak akan bisa terisi penuh. Daya baterai akan turus menurun, padahal sudah diisi dalam waktu yang lama. Untuk masalah ini, pengguna tidak bisa mengatasinya sendiri. Bawa Hp ke servis resmi, lalu ganti baterai Hp.

5. Isi Daya Hp dalam Keadaan Mati

Cara yang kelima ini sangatlah gampang, pengguna cuma perlu mengisi daya Hp dalam keadaan mati. Saat Hp dalam kondisi menyala, biasanya masih ada sistem yang berjalan dibelakangnya. Jadi Hp tidak sepenuhnya beristirahat selama diisi daya. Untuk itu matikan Hp, supaya pengisian daya bisa lebih maksimal. Jangan gunakan Hp ketika sedang diisi daya, karena bisa menyebabkan kerusakan. Bila pengguna terus memakai Hp ketika diisi daya, maka baterai Hp akan cepat panas dan akhirnya rusak.

6. Isi Daya di Tempat yang Sesuai

Banyak pengguna Hp yang mengisi daya Hp nya di Laptop. Hal itu tidak salah, namun bisa menyebabkan kerusakan pada Hp. Pasalnya aliran listriknya tidak sesuai, jadi baterai akan bekerja keras untuk terisi penuh. Jadi jangan terlalu sering mengisi daya di Laptop, lakukan bila sedang mendesak saja.

Itulah 6 cara mengatasi baterai Hp yang tidak bisa penuh dengan gampang. Bila baterai Hp masih belum bisa penuh, maka pengguna bisa membawanya ke servis resmi. Jangan ragu untuk memeriksa keadaan Hp, karena ditakutkan ada kerusakan di bagian yang tidak diketahui.

BACA JUGA: Cara Mengisi Saldo Flip Bisa Lebih Mudah Melalui ATM

Leave a Comment