Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik dengan Google Contatct

Pengguna smartphone pasti banyak memanfaatkan kontaknya untuk menyimpan banyak kontak telepon. Bahkan tanpa disadari jumlah kontak dalam smartphone bisa berjumlah puluhan sampai ratusan kontak hilang. Namun bagaimana jika kontak yang banyak itu hilang karena di reset pabrik. Tidak perlu khawatir, karena ada cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik.

Cara jitu untuk mengatasi hal ini adalah dengan memanfaatkan Google Contact. Bagi para pengguna yang menghadapi kontak hilang karena melakukan reset pabrik. Bisa memanfaatkan Google Contact ini untuk mengembalikan kontak-kontak yang hilang tersebut. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang bisa dilakukan:

1. Download dan Install Aplikasi Google Contact

Bagi para pengguna smartphone yang belum memiliki Google Contact, bisa download dulu aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa digunakan baik pada sistem operasi berbasis android maupun yang lainnya. Pada beberapa smartphone, pengguna tidak perlu mendownload atau menginstall aplikasi ini lagi. Karena sudah menjadi aplikasi bawaan pada smartphonenya.

2. Login pada Aplikasi Google Contact

Setelah aplikasi didownload dan diinstal, login pada aplikasi dengan menggunakan alamat email Google yaitu Gmail. Bila pada perangkat sudah tersinkronisasi dengan akun Gmail, akun tersebut bisa langsung masuk dan login secara otomatis pada Google Contact. Jauh lebih baik menggunakan akun yang memang sudah tersinkronisasi dengan perangkat.

3. Ketuk Ikon Garis Tiga

Setelah berhasil login pada perangkat, pengguna akan melihat tampilan pada layar berupa ikon garis tiga. Ikon ini biasanya terletak di sisi kanan layar smartphone, begitu di klik ikon ini akan mengeluarkan menu-menu lain. Menu selanjutnya yang perlu dipilih oleh pengguna untuk mengembalikan kontak adalah menu ‘Pengaturan’.

4. Kembalikan Perubahan dalam Menu Pengaturan

Cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik selanjutnya adalah mengembalikan perubahan. Pada menu ‘Pengaturan’ akan muncul pilihan lagi, salah satu pilihan yang ada adalah ‘Kembalikan Perubahan’. Fitur ‘Kembalikan Perubahan’ ini akan berisi pilihan lagi, yaitu pengaturan waktu sehingga pengguna bisa memilih ingin mengembalikan perubahan pada waktu apa.

5. Memilih Waktu Perubahan

Ada berbagai waktu pengembalian perubahan pada menu tersebut. Pilihan pengembalian yang paling awal adalah mengembalikan kondisi smartphone pada satu jam yang lalu. Sampai yang paling lama adalah seminggu yang lalu. Pengguna tinggal memilih saja, waktu yang dibutuhkan yang dapat mengembalikan semua kontak yang sudah dihapus.

6. Mengkonfirmasi Perubahan yang Dilakukan

Tahap terakhir yang perlu dilakukan agar kontak yang hilang tersebut kembali pada smartphone adalah melakukan konfirmasi. Setelah memilih waktu pengembalian perubahan yang diinginkan, tekan ‘OK’ untuk melanjutkan proses. Kemudian akan muncul jendela konfirmasi yang akan memverifikasi tindakan yang pengguna lakukan.

Jika sudah yakin tinggal ketuk tombol ‘Konfirm’ yang tersedia maka pengembalian kontak dan pengaturan telepon akan segera diproses. Pengguna tinggal menunggu saja sampai prosesnya berakhir. Semakin lama waktu pengembalian smartphone yang dipilih akan semakin lama pula prosesnya.

Itulah cara mengembalikan kontak yang hilang karena di reset pabrik dengan memanfaatkan aplikasi Google Contact. Hal yang perlu diingat dalam menggunakan Google Contact adalah pemilihan waktu pengembalian smartphone. Jika memilih waktu satu jam berarti kontak pengguna akan kembali pada situasi satu jam yang lalu. Begitu pula jika memilih satu hari maupun satu minggu yang lalu. Kontak yang dihapus diluar jam yang dipilih tersebut tidak akan kembali pada kontak yang sudah diperbarui. 

BACA JUGA: 6 Cara Mengecilkan KB Foto di Hp Tanpa Aplikasi Tambahan

Leave a Comment