Cara Mengunci Aplikasi Android Paling Mudah dan Cepat 

Sudah tahukah bagaimana cara mengunci aplikasi pada android? Mengunci aplikasi yang terdapat pada smartphone memang menjadi salah satu cara yang bisa kalian lakukan buat melindungi data-data penting yang terdapat didalamnya. Dengan cara seperti inilah akan membatasi akses masuk orang lain ke dalam ponsel kit.

Seperti yang sudah kalian ketahui, seiring dengan adanya perkembangan dunia teknologi, kejahatan cyber memang sudah semakin luas keberadaannya. Tentu kalian tidak ingin bukan apabila ada orang lain menyalahgunakan data-data aplikasi di dalam ponsel android seperti whatsapp, instagram, galeri dan masih banyak lagi.

Inilah pentingnya buat menjaga privasi di dalam ponsel agar tingkat keamanan tetap tinggi dan tidak ada penyalahgunaan data pribadi.

Cara mengunci aplikasi di android

cara mengunci aplikasi
cara mengunci aplikasi

Sebenarnya cara mengunci aplikasi tidaklah sulit dilakukan. Ada beberapa  yang bisa digunakan untuk melakukan proses penguncian tersebut baik tanpa menggunakan aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi. Untuk jelasnya, simak ulasan berikut.  simak juga tentang Web Hosting Indonesia Terbaik

 

  1. Mengunci aplikasi tanpa bantuan aplikasi 

Adapun cara mengunci aplikasi di dalam ponsel android dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi syaratnya adalah ponsel pintar kalian sudah mempunyai fitur pengunci aplikasi. Adapun cara-cara untuk melakukan penguncian sangat mudah dilakukan. Berikut ulasannya.

  1. Buka menu pengaturan terlebih dahulu pada ponsel
  2. Scroll kebawah hingga menemukan adanya pengaturan tambahan. Jika sudah, maka bisa langsung mengklik bagian privasi.
  3. Kemudian bisa langsung memilih opsi lock individual apps atau choose apps to lock
  4. Buat kalian yang ingin mengunci salah satu aplikasi, maka diharuskan buat membuat pola terlebih dahulu. Pola digunakan sebagai password
  5. Jika sudah, maka tinggal memilih aplikasi manakah yang akan dikunci.

Cara melakukan penguncian aplikasi diatas dapat dilakukan di semua android dengan cara kurang lebih sama.

  1. Menggunakan aplikasi LOCKit 

Lockit pengunci aplikasi

Selain tanpa menggunakan bantuan aplikasi,  juga bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan penguncian. Nah, penggunaan aplikasi dapat dilakukan apabila  cara diatas masih kurang buat mengamankan  aplikasi . adapun caranya adalah sebagai berikut

  1. Kalian  bisa menginstall aplikasi lockit terlebih dahulu melalui google playstore. Jika sudah berhasil, maka bisa langsung membuka aplikasinya
  2. Pada tampilan awalnya, aplikasi  akan diminta untuk menentukan kunci pola ataupun PIN yang akan digunakan. Masukkan pola atau pin sebanyak 2 kali
  3. Jika sudah, maka pengguna diharuskan buat menentukan pertanyaan keamanan. Ini berguna apabila sewaktu-waktu lupa  pola yang akan digunakan untuk membuka aplikasi. Klik done apabila telah melakukannya.
  4. Disinilah, secara otomatis LOCKit akan melakukan penguncian aplikasi penting dan bersifat privasi. Pilih protect. Disini, pengguna bisa menambahkan maupun menghapus aplikasi yang ingin diamankan.
  5. Jika memperoleh notifikasi power saving mode, maka bisa langsung klik permit.
  6. Di pengaturan accessibility, gulirkan ke bawah dan pilih LOCKit
  7. Klik tombol on maka akan memperoleh notifikasi warning dan pilih OK saja.
  8. Buka kembali aplikasi LOCKit dengan memasukkan pola atau pin yang telah ditentukan sebelumnya. Disinilah kalian dapat memilih aplikasi manakah yang ingin dikunci.

Selain menggunakan 2 cara di atas, sebaiknya untuk melindungi data penting di dalam ponsel, jangan pernah meminjamkan ponsel kepada orang yang tidak terlalu dekat, simpanlah berkas di tempat yang sulit ditemukan dan pastikan perangkat selalu dekat dengan kalian.

Mengunci aplikasi memang menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan buat mengamankan data-data penting di dalamnya bukan? demikian beberapa cara mengunci aplikasi yang bisa langsung kalian terapkan.

Leave a Comment