4 Cara Cek Riwayat Pembelian Token Listrik Yang Mudah

4 Cara cek Riwayat Pembelian Token Listrik Yang Mudah. Listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus selalu terpenuhi. Ketiadaan listrik mampu menghambat beragam aktivitas kalian dan pekerjaan pun tidak bisa selesai tepat waktu. Namun, pernahkah kalian berpikiran untuk mengetahui cara cek riwayat pembelian token listrik di rumah kalian?

Karena dengan mengetahuinya, maka kalian bisa tahu seberapa besar listrik yang kalian gunakan setiap bulannya. Dengan begitu, kalian pun bisa melakukan pengelolaan keuangan lebih baik lagi. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mengeceknya. Oleh karena itu, di sinilah kalian bisa tahu bahwa ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengeceknya.

cek riwayat pembelian token listrik
cek riwayat pembelian token listrik

cek riwayat pembelian token listrik Melalui Email PLN

Setiap lembaga maupun perusahaan pasti memiliki media sosial seperti email untuk melayani setiap orang. Tidak terkecuali dengan PLN yang juga menyediakan layanan customer service melalui email. Untuk menggunakan layanan tersebut, kalian bisa mengirimkannya melalui alamat pln123@pln.co.id.

Dengan alamat inilah, kalian bisa memperoleh riwayat pembelian token listrik yang sebelumnya sudah pernah kalian beli. Namun perlu kalian ketahui, bahwa dengan melalui email ini membutuhkan kesabaran. Karena belum tentu pesan yang kalian kirimkan akan langsung mendapat balasan. Kalian harus menunggu beberapa waktu terlebih dahulu.

cek riwayat pembelian token listrik dengan Menelepon PLN

Selain mengirimkan surat elektronik, kalian juga bisa menelepon PLN. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah menyediakan pulsa yang cukup. Hal ini karena layanan melalui telepon tidaklah gratis. Jika pulsa sudah tersedia, kalian bisa langsung menghubungi call center PLN.

Caranya adalah dengan mengetikkan kode area dimana kalian tinggal, lalu ketikkan nomor call center PLN di 123. Jika sudah terhubung, kalian tinggal mengikuti arahannya saja yang customer service PLN berikan melalui telepon tersebut. Nantinya apa yang kalian butuhkan akan langsung terjawab oleh customer service PLN. simak juga tentang cara tulisan indonesia ke arab

Datang Langsung Ke Kantor PLN

Untuk mengetahui riwayat token listrik, kalian juga bisa datang langsung ke kantor PLN di daerah kalian. Cara ini sebenarnya sangat mudah, apalagi bagi kalian yang tidak sabaran jika menggunakan email maupun telepon. Karena dengan datang langsung ke kantor PLN, berarti kalian bisa langsung bertemu dengan petugas. Kemudian menanyakannya dan mendapat jawaban yang jelas secara face to face.

Namun untuk menggunakan cara ini, pastikan kalian sudah mempersiapkan semua dokumennya terlebih dahulu. Dokumen tersebut berupa KTP dan kartu PLN. Kemudian datangilah petugas dan beritahukan tujuan kalian dan maksud kedatangan kalian ke kantor PLN.

Mengakses Website Resmi PLN

PLN juga menyediakan website resmi yang bisa kalian gunakan untuk mengeceknya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai langkah awal, kalian harus membuka browser terlebih dahulu di HP maupun PC.
  2. Lalu masukkan alamat https://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html untuk bisa membukan situs pengecekan resmi PLN.
  3. Lalu pilihlah IDPEL jika kalian adalah pengguna token listrik. Kemudian pilih No Meter jika kalian menggunakan listrik PLN yang tipe lama.
  4. Setelah itu masukkanlah ID Pelanggan atau Nomor Meter di kolom yang sudah tersedia. Lalu klik Cari.
  5. Bila data atau nomor meter yang kalian masukkan benar, maka secara otomatis kalian bisa melihat riwayat transaksi secara detail.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk melakukan cek riwayat pembelian token listrik. Pilihlah cara yang menurut kalian paling mudah dan cepat. Jadi, kalian bisa segera tahu pengeluaran per bulan kalian untuk membeli listrik.

Leave a Comment