Mengenal E Money Smartphone dan Keunggulannya

Saat ini teknologi sudah menjangkau hampir kesemua kehidupan masyarakat, salah satunya adalah penggunaan e money untuk beragam kegiatan. Hal ini dikarenakan e money, khususnya e-money smartphone menawarkan banyak keunggulan.

Pengguna merasa terbantu dengan penggunaan benda ini karena dinilai lebih mudah, dan memberikan banyak keuntungan. Sehinnga tidak heran jika sekarang banyak yang beralih dan mulai menggunakan uang digital ini dibandingkan cash.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu E-Money

E money atau lebih sering juga disebut dengan e-cash merupakan salah satu jenis metode pembayaran digital yang dinilai mempermudah prosesnya. E money ini biasanya dikeluarkan oleh bank yang memang menyediakan layanan tersebut.

E cash merupakan layanan uang digital atau uang elektronik yang juga terdapat pada telepon selular. Meskipun dikeluarkan oleh bank, namun untuk bisa menggunakan layanan ini penggunanya tidak harus memiliki rekening bank terlebih dahulu.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis e-money yang pertama adalah e money kartu, dan yang kedua adalah e money token. E money kartu memiliki bentuk kartu layaknya kartu ATM, sementara e money token memiliki bentuk seperti koin dan diletakkan di belakang hp seseorang.

Untuk kegunaannya sendiri sekarang e money di Indonesia sudah bisa secara luas. Dari mulai membayar untuk minimarket, tiket kereta, pembayaran di restoran, dan masih banyak lagi.

Keunggulan E-Money Smartphone

Setelah mengetahui apa itu sebenarnya e money atau e cash, maka sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja keunggulan yang dimilikinya. Tentunya keunggulan ini akan sangat bermanfaat kepada konsumen yang menggunakan alat transaksi ini.

Berikut ini adalah keunggulan e cash atau e-money smartphone yang ditawarkan diantaranya:

1. Menghindari Peredaran Uang Palsu

Namanya juga uang elektronik, maka bisa dipastikan bahwa setiap transaksinya konsumen bisa terhindar dari hal ini. Apalagi sudah bukan rahasia umum lagi, kalau uang palsu sekarang semakin marak diedarkan dengan beragam pecahan.

Tentunya hal tersebut membuat konsumen menjadi was-was, apalagi bukan tidak mungkin saat berbelanja duit kembalian yang diterima adalah duit palsu. Namun hal tersebut tidak akan terjadi ketika berbelanja menggunakan e money, karena tidak ada yang namanya kembalian.

2. Tidak Perlu Menyimpan Uang Cash

Terkadang tidak sedikit orang yang malas untuk menyimpan uang cash dengan berbagai alasan. Alasan keamanan, dan juga keefesiensi menjadi hal yang utama kenapa orang lebih memilih menggunakan debit, dibandingkan membawa cash.

Karena sekarang sudah ada e money, yang tidak membutuhkan rekening maka orang tanpa rekening sekalipun juga tidak perlu lagi membawa cash. Cukup isi saldo di e money, dan membawanya ke tempat berbelanja, ataupun berpergian.

3. Tidak Repot Uang Kembalian

Ketika berbelanja baik itu di warung ataupun minimarket uang kembalian merupakan hal yang terkadang sangat dihindari. Apalagi jika kembalian tersebut berbentuk uang recehan, itu merupakan hal yang sangat merepotkan.

Karena kemungkinan untuk tercecer, jatuh, danĀ  bahkan hilang sangat mungkin terjadi apabila mendapatkan kembalian dengan uang receh. Dengan menggunakan e money, pengguna tidak akan mendapatkan kembalian karena nominal yang terpotong akan pas dengan harganya.

4. Banyak Promo

Ini adalah kelebihan e-money yang tidak dimiliki oleh uang cash yaitu banyaknya promo yang ditawarkan. Promonya pun beragam tidak hanya berupa potongan harga (discount), tapi juga ada cashback yang akan langsung masuk kea kun e money.

Promo-promo seperti ini sudah bukan lagi hal baru di e money, karena memang sudah sering sekali promo seperti ini ditawarkan. Jadi tentu ini akan sangat menguntungkan konsumen dan juga penggunanya.

5. Mencegah Terkena Pidana

Mungkin banyak yang belum tahu kalau di Indonesia ada aturan terkait dengan membawa uang cash dalam jumlah besar. Peraturan tersebut adalah peraturan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 pasal 34 dan 35.

Dalam Undang Undang tersebut mengatur tentang mekanisme pembawaan uang tunai senilai 100 juta atau lebih, baik itu mata uang rupiah atau mata uang asing. Kalau ketahuan membawa uang tunai dalam jumlah yang sangat besar, maka siap-siap akan terkena denda.

6. Nominal Transaksi Jelas

Tadi sebelumnya sudah disinggung bahwa nominal transaksi yang dimiliki sangatlah jelas, bahkan untuk yang memiliki bilangan unik sekalipun. Misalnya di ujung harga barang ada Rp 50, tentunya sangat susah jika menggunakan uang cash dan membutuhkan kembalian.

Hal ini tidak akan jadi masalah jika transaksi yang dilakukan menggunakan uang elektronik. Karena uang elektronik akan memotong secara tepat dan sesuai dengan nominal yang ada tanpa memerlukan kembalian.

7. Turut Menjaga Lingkungan

Sudah tahu kan, kalau uang tunai terbuat dari kertas dan kertas itu diambil dari pohon. Karena peredaran uang tunai ini semakin besar, maka bayangkan berapa pohon yang harus ditebang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan menggunakan uang elektronik, maka itu sama saja mengurangi penggunaan uang tunai baik itu yang berbentuk kertas ataupun koin. Sehingga itu artinya pengguna ikut membantu menjaga kelestarian lingkungan.

8. Dompet Lebih Rapih

Beberapa e money sekarang ini akan langsung tersambung dengan handphone yang dimiliki oleh penggunanya. Sehingga apapun transaksinya akan langsung tercetak di notifikasi handphone yang dimiliki pengguna.

Oleh karena itu pengguna tidak perlu mendapatkan struk belanja yang nantinya akan membuat repot. Jadi tidak akan membuat penuh dompet, dan selain itu tidak adanya uang kembalian juga dapat membuat dompet lebih rapih.

9. Efisien

Penggunaan e money juga bisa membuat kegiatan transaksi menjadi lebih efektif, dan juga efisien. Misalnya penggunaan e money di jalan tol tentunya akan bisa lebih cepat, dan meminimalisir terjadinya antrian.

Apalagi jika berbelanja di minimarket, karena jumlah e money yang terpotong akan sesuai dan tidak membutuhkan kembalian jadi waktu pembayaran akan lebih cepat. Sehingga kegiatan pembayaran ini bisa lebih efisien dan juga efektif.

10. Top Up yang Mudah

Terakhir adalah top up e money yang sekarang ini sudah sangat mudah untuk dilakukan. Dulunya memang banyak yang malas menggunakan e money karena kesulitan melakukan top up, tapi sekarang tidak lagi.

Melakukan top up saldo e money ini bisa dilakukan dengan mudah kapanpun, dan dimanapun bahkan sudah bisa hanya menggunakan handphone. Tidak hanya ituĀ  saja, sekarang mengecek saldo e money juga sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Baca Juga: Arti PO dalam Bisnis Onlie Shoop

Mengecek Saldo E-Money Smartphone

Tadi sedikit disinggung bahwa sekarang ini top up dan cek saldo e-money bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bisa langsung melalui smartphone. Berikut ini adalah cara cek saldo e money dengan menggunakan smartphone yang bisa dilakukan dengan mudah, diantaranya.

1. Internet Banking

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa e money ini dikeluarkan oleh bank yang terkait, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan internet banking. Pastikan untuk mendownload ataupun menggunakan internet banking yang sesuai dengan bank yang mengeluarkan.

Dalam mengecek saldo menggunakan internet banking ini bisa dengan dua cara yaitu mengetap kartu ke belakang hp, dan yang kedua adalah memasukkan nomor kartu. Kedua kartu tersebut sama-sama mudah untuk dilakukan, dan pastinya aman.

2. Bukalapak

Siapa bilang jika aplikasi yang satu ini hanya bisa digunakan untuk berbelanja saja, nyatanya di sini juga ada fitur untuk mengecek saldo e money yang dimiliki. Tenang saja mengecek melalui aplikasi ini sudah aman untuk dilakukan sehingga konsumen tidak perlu khawatir.

Pengguna hanya perlu mengunjungi halaman top up dan isi pulsa, lalu setelahnya memilih menu uang elektronik. Setelahnya tempelkan kartu e money, dan tunggu sebentar jangan dilepas sampai saldo terbaca.

3. Tokopedia

Sama seperti bukalapak, marketplace yang satu ini juga menyediakan fitur cek saldo untuk e money. Hanya saja fitur ini hanya bisa dilakukan untuk handphone yang sudah memiliki fitur NFC saja, karena nanti perlu untuk menempelkan kartu di belakang kartu.

Saat masuk ke halaman utama tokopedia, pilihlah menu top up & tagihan, dan selanjutnya pilihlah uang elektronik. Selanjutnya pilih menu update saldo dan tempelkan kartu e money yang dimiliki ke hp, dan jangan dilepas sampai nilai saldo muncul.

4. LinkAja

Terakhir ada aplikasi uang digital yakni link aja, yang juga bisa dipakai untuk cek saldo e money. Caranya sangat mudah, di menu utama link aja pilihlah menu kartu uang elektronik.

Selanjutnya pilih menu cek saldo, dan tempelkan e money di belakang hp ataupun dibagian sensor NFC yang dimiliki. Ingat tempelkan kartu e money ini dengan benar, dan jangan dilepas sampai saldo yang dimiliki sudah terbaca dan tertampilkan.

Cara Top Up E-Money di Smart Phone

Setelah mengetahui cara top up e money di smart phone, maka selanjutnya adalah top up e money di smartphone. Langkah ini juga sama mudahnya dengan cek saldo, jadi tidak perlu khawatir akan kesulitan.

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan, yakni:

1. M-Banking

Langkah pertama adalah menggunakan M Banking, dan seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa m Banking yang digunakan ini haruslah dari bank yang mengeluarkan e money. Setelahnya pengguna hanya tinggal memilih menu e money di m banking.

Lalu setelahnya, pengguna hanya tinggal memilih menu tambah saldo. Untuk penggunaan m banking ini pastikan bahwa handphone yang digunakan sudah menggunakan fitur NFC supaya bisa memastikan transaksi berjalan lancar.

2. E-Commerce

Selanjutnya adalah e commerce dan marketplace yang juga bisa digunakan untuk melakukan top up e money. Pada menu di e commerce biasanya bisa digunakan untuk hp dengan fitur NFC ataupun dengan memasukkan nomor kartu saja.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir apabila handphone yang dimilikinya belum support terhadap fitur NFC. Untuk minimum top up dengan menggunakan e commerce ini juga jauh lebih beragam nominalnya.

3. SMS Banking

Masih dengan menggunakan handphone, kali ini ada sms banking yang juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan top up e money. Biasanya untuk melakukan top up ini hampir sama seperti melakukan pengisian voucher, yakni memasukkan kode.

Jadi nanti pengguna hanya tinggal memasukkan kode, nomor kartu, dan juga saldo yang ingin diisikan ke e money. Untuk kode ini biasanya dikeluarkan langsung oleh pihak otoritas terkait, jadi tidak bisa sembarangan.

4.Internet Banking

Terakhir adalah menggunakan internet banking yang sebenarnya hampir sama dengan m banking. Hanya saja yang membedakan keduanya terletak pada cara yang dibutuhkan untuk melakukan top up tersebut.

Kalau di internet banking pengguna hanya tinggal memasukkan nomor kartu saja, tidak perlu menempelkan kartu di sensor NFC. Sehingga pengguna e money yang memiliki hp belum support NFC pun masih bisa menggunakan metode yang satu ini.

Keunggulan Cek Saldo dan Top Up E-Money Smartphone

Ternyata baik itu cek saldo, maupun top up e money keduanya bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone penggunanya. Adapun kelebihan ataupun keunggulan cek saldo dan top up e money menggunakan smartphone pengguna diantaranya:

1. Lebih Mudah

Pertama adalah kemudahan yang ditawarkan, karena seperti yang sudah dibahas tadi bahwa top up dan cek saldo menggunakan smartphone ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Bahkan tidak hanya melalui aplikasi perbankan-nya saja, tapi juga dari aplikasi lain seperti e-commerce.

Hal lainnya yang membuat teknik ini menjadi lebih mudah adalah melakukannya tidak perlu fitur NFC. Jadi untuk hp yang tidak mendukung fitur NFC, pengguna masih tetap bisa melakukan top up melalui nomor kartu yang dimilikinya.

2. Aman

Mungkin banyak yang khawatir tentang keamanan melakukan top up di smartphone melalui aplikasi di luar aplikasi perbankan resminya bisa berbahaya. Karena banyak yang takut bahwa data e money yang dimilikinya bisa dicuri ataupun bisa hilang.

Tapi tentu saja hal itu tidak perlu ditakutkan karena keamanan yang ditawarkan baik itu dari aplikasi resmi bank nya, ataupun yang tidak akan tetap aman. Jadi tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran data, atau hal lainnya karena keamanannya akan tetap terjamin.

3. Minimum Top Up yang Kecil

Dengan menggunakan smartphone ada beberapa aplikasi yang digunakan, dan aplikasi tersebut menawarkan minimum top up yang beragam. Hal ini berbeda dengan melakukan top up di minimarket yang biasanya nominalnya besar.

Jadi bagi yang ingin melakukan top up dengan saldo yang tidak terlalu besar, bisa menggunakan cara yang satu ini. Selain itu nominal saldo yang ingin dimasukkan tidak harus dengan kelipatan tertentu, sehingga nominalnya akan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

4. Waktu Pengisian Lebih Efektif

Pengisan e money memang bisa dilakukan tidak hanya di smartphone saja, tapi juga di beberapa tempat lainnya seperti di minimarket. Hanya saja kadang waktu pengisian di minimarket ini memakan banyak waktu apalagi kalau antri.

Tentu saja hal ini terkadang membuat orang menjadi malas untuk melakukan top up karena terlalu memakan banyak waktu. Hal seperti ini tidak akan ditemukan juga melakukan pengisian via smartphone, karena akan lebih efektif, dan tidak perlu antri.

5. E-Money Smartphone Ada Promo Menarik

Terakhir adalah hal yang paling digemari oleh banyak orang, karena banyaknya penawaran promo menarik yang diberikan apabila melakukan top up melalui smartphone. Apalagi jika top up yang dilakukan melalui marketplace.

Konsumen akan mendapatkan banyak promo yang menggiurkan seperti potongan harga, ataupun cashback. Cashback yang didapatkan juga bisa langsung digunakan karena biasanya masuk ke akun e money milik pengguna.

Ternyata e money ini baik itu berbentuk token ataupun kartu memang menawarkan banyak keunggulan yang menarik. Sehingga tidak heran jika akhirnya banyak yang beralih menggunakan uang digital ini sebagai transaksi.

Apalagi dengan adanya kehadiran E-Money Smartphone, semua kemudahan yang sudah ada di awal menjadi lebih mudah lagi untuk dilakukan. Jadi jangan ragu lagi mulai sekarang untuk beralih menggunakan uang elektronik ini.

Leave a Comment