Cara Membuat dan Mengedit Video CapCut

Pernahkah kamu ingin mencoba membuat video yang keren dan mengunggahnya? Ya, kini untuk mengedit video yang kita buat tidak sulit sama sekali. Nah, pada pembahasan ini kita ingin bagaimana edit video CapCut. Apa itu CapCut? CapCut merupakan salah satu video editor.

Aplikasi CapCut menjadi salah satu aplikasi yang tak perlu diragukan lagi. Bahkan sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas. Ada berbagai fitur yang dapat dinikmati dan ditambahkan ke video kita di aplikasi ini. Misalnya saja kamu dapat menambah efek, suara, musik, filter, transisi dan lainnya.

Cara Mengedit video CapCut

Sebelum melakukan pengeditan, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi CapCut ini. Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis di Google Play Store maupun di Apple App Store. Jikalau sudah terpasang maka kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Buka atau jalankan aplikasi CapCut pada smartphone
  • Pergi ke halaman utama dan tekan menu “new project”.
  • Setelah muncul halaman pemilihan konten foto atau video maka tekan foto dn video yang diinginkan.
  • Untuk memulai proses pengeditan dapat menekan “add”.
  • Nantinya akan muncul timeline yang berisi audio dan video. Di bagian depan cover video dapat ditambahkan video atau audio.
  • Tekan tombol yang memiliki ikon + pada bagian kanan timeline jika ingin menambahkan video.
  • Untuk mengedit video secara maksimal, gunakan berbagai menu yang terdapat di bsgian bawah timeline. Gunakan berbagai menu dan efek untuk membuat video lebih menarik.
  • Jika video setelah selesai maka kamu hanya perlu menekan tombol export. Tentukan juga kualitas video di bagian resolusi dan frame rate. Intinya setelah menekan tombol export, proses penyelesaian akan dilakukan.

Cara membuat/mengedit video CapCut tidak sulit bukan? Bahkan kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya secara perlahan.

Cara Membuat Video Jedag Jedug di CapCut

Tidak bisa dipungkiri jikalau salah satu trend video yang sering kita lihat belakangan ini memang berasal dari TikTok. Salah satu video yang sedang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini ialah video jedag jedug. Video tersebut merupakan video yang memang dibuat menggunakan transisi mengikuti irama dari beat lagu.

Maka dari itu kamu akan melihat transisi seakan-akan memang seirama dengan lagu. Apakah kamu penasaran dan ingin membuat video seperti itu juga? Jika memang penasaran, ikuti pembahasan artikel ini hingga selesai. Akan tetapi, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat video Capcut jegag jedug ini lebih dulu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tekankan tombol “new project” lebih dulu untuk mengedit video di CapCut ini. Setelah itu pilih file yang ingin diedit. Tekan tombol “add” untuk mulai mengedit.
  2. Setelah itu, tekan saja tombol audio dan tombol sound. Pilihlah menu your sound.
  3. Untuk memilih lagu yang disukai dalam penyimpanan smartphone kamu, tekan tombol “from device”. Tambahkan lagu dengan menekan icon (+).
  4. Tekan file audio dalam timeline dan lanjutkan dengan menekan “match cut”.
  5. Selanjutnya, dengarkan lagu tersebut dan mulai berikan penanda pada beat melalui menu “add beat”. Tekan tombol centang jika sudah memberikan penanda pada beat.
  6. Selain itu, tap juga video pada timeline memotongnya sesuai penanda beat menggunakan tombol split.
  7. Tambahkan transisi pada video yang sudah dipotong-potong itu. Untuk menambahkan transisi, tekan animation, pilih menu In dan pilih transisi shake 3. Berikan transisi pada semua potongan video. Putar video untuk mengeceknya lebih dulu.
  8. Jika memang kurang bagus maka kamu juga bisa mengganti transisi. Jika sudah cocok, tekan tombol export dan tekan tombol done.

Cara membuat video CapCut tulisan

Cara menggunakan aplikasi CapCut untuk membuat video tulisan juga tidak sulit diterapkan. Bahkan tulisan dalam video juga dapat bergerak. Penasaran bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Buka aplikasi

Langkah pertama ialah dengan membuka aplikasi CapCut. Jika belum punya tentu kamu harus mengunduhnya lebih dulu. Setelah itu tap “new project” atau proyek baru.

Memilih video

Tahap kedua kamu dapat langsung memilih video yang ingin diedit pada galeri smartphone kamu. Video tersebut yang nantinya akan kita tambahkan tulisan bergerak.

Potong video

Selanjutnya, kamu dapat memotong video jika memang diperlukan. Tidak ingin memotong video? Bisa, kamu hanya perlu melewatinya. Caranya ialah dengan menekan ikon lingkaran kecil yang ada pada pojok kanan atas dan tekan “add”. Lanjutkan dengan menekan ikon huruf “T” dan pilih “add text”.

Tuliskan kata-kata

Selanjutnya untuk membuat video yang bagus di CapCut ini ialah dengan menambahkan kata-kata atau kalimat. Nantinya kalimat atau kata-kata tersebut akan bergerak. Tambahkan style tulisan, jenis font, warna, efek, background dan lainnya.

Buat tulisan bergerak

Untuk membuat tulisan bergerak kamu dapat meng-klik “animatic”. Nah, selanjutnya pilih animasi yang sesuai keinginan kamu. Terdapat animasi masuk atau in, animasi keluar atau out dan animasi yang berulang bergerak terus-menerus (loop). Kecepatan tulisan juga dapat kamu atur. Tekan ceklis jika memang sudah sesuai.

Mengatur peletakan teks

Setelah tahap sebelumnya maka langkah selanjutnya ialah mengatur peletakan teks pada durasi ke berapa. Atur sesuai keinginan kamu. Ekspor hasil jika sudah siap dengan menekan icon pada pojok kanan atas.

Cara menghilangkan watermark CapCut

Ingin mengedit video di CapCut akan tetapi risih dengan watermark-nya? Tenang saja, kamu dapat menghilangkan watermark tersebut lho. Belum tahu caranya? Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Unduh aplikasi CapCut terbaru

Cara bikin video CapCut sudah kita ketahui. Saat ini kamu juga perlu tahu bagaimana cara menghilangkan watermark-nya. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah dengan mengunduh aplikasi CapCut terbaru lebih dulu. Jikalau bukan terbaru, maka update aplikasi lebih dulu.

Buka aplikasi

Tahap kedua ialah dengan membuka aplikasi dan menekan tombol “new project” guna membuat video yang baru.

Masukkan bahan

Selanjutnya, masukkan video dan foto yang ingin kamu edit. Edit foto dan video tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Ekspor video

Setelah dirasa selesai membuat video maka lanjutkan dengan menekan tombol panah yang berada di pojok kanan atas. Pilih ukuran atau resolusi yang ingin digunakan pada video tersebut. Diakhiri dengan menekan tombol ekspor yang tidak memiliki tanda air guna menyimpan video tersebut tanpa ada watermark-nya.

Bagaimana cara buat dan edit video CapCut keren tanpa watermark sangat mudah bukan? Pastikan ketika menyimpan video kamu benar-benar menyimpan tombol ekspor yang tak memiliki tanda air ya. Agar video yang kamu dapatkan tak ada watermark-nya. Bagaimana, sangat mudah dan simpel bukan untuk menghilangkannya?

Cara membuat juga mengedit video di aplikasi editor video seperti CapCut ini memang tidak sulit. Bahkan kamu akan dengan cepat memahaminya. Bagaimana, sudah mencobanya bukan?

Itulah berbagai cara edit video CapCut yang sangat simpel, mudah dan pasti dapat dipahami dengan mudah. Yuk segara coba untuk membuktikannya!

Leave a Comment