Cara mengaktifkan Secure Folder Samsung All Series

Secure Folder Samsung adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menyembunyikan sebagian dari ponsel Anda. Ini menggunakan platform keamanan Knox Samsung untuk membuat layar beranda baru yang dilindungi oleh kata sandi atau biometrik perangkat Anda.

Aplikasi dan file yang Anda tempatkan di folder tidak dapat diakses kecuali Anda membuka kunci Folder Aman Anda.

Secure Folder Samsung - Cara Aktifkan Folder Aman di HP Samsung

Cara Kerja Secure Folder Samsung

Anda dapat menambahkan aplikasi yang ada di ponsel Anda ke Folder Aman untuk membuat salinan aplikasi. Aplikasi ini tidak akan memiliki file, cache, dan login  yang sudah ada.

Pada dasarnya ini adalah instalasi aplikasi yang baru. Anda dapat menambahkan aplikasi baru dari Galaxy Store atau Play Store untuk menginstalnya hanya di Folder Aman.

File di Folder Aman juga tidak dapat dibuka tanpa otentikasi. File ini tidak akan muncul di penjelajah file biasa atau aplikasi Galeri Anda. Hanya aplikasi yang sudah ada di Folder Aman yang dapat mengakses file tersembunyi Anda.

Baca juga: Cara Cek RAM Samsung

Mengaktifkan Folder Aman di Perangkat Anda

Sebelum  mencoba mengaktifkan Folder Aman pada perangkat Anda, periksa apakah perangkat Anda kompatibel terlebih dahulu. Fitur ini berfungsi dengan ponsel berkemampuan Samsung Galaxy yang menjalankan Android  yang lebih baru.

Berikut daftar Ponsel Samsung yang  kompatibel dengan fitur  Secure Folder :

  • Samsung Galaxy S Series, mulai dari S10 hingga S21
  • Galaxy Note Series, mulai dari Note 8 hingga Note 20
  • Galaxy Fold
  • Seri Galaxy A, termasuk A21, A51, hingga A72

Cara mengaktifkan Secure Folder Samsung All Series

  • Buat akun samsung

Sebelum Anda mengatur Folder Aman, Anda memerlukan Akun Samsung terlebih dahulu. Ikuti instruksi Samsung untuk membuat akun sebelum melanjutkan.

Pada ponsel Galaxy yang lebih baru, seperti S21 dan Note 20, aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya. Periksa aplikasi perangkat Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda telah menginstalnya. Jika ponsel Anda tidak memiliki aplikasi Folder Aman, Anda dapat mengunduhnya di Play Store atau Galaxy Store.

  • Biometrics and security

Di ponsel Anda, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Biometrik dan Keamanan > Folder Aman. Di beberapa ponsel, menu pertama mungkin “Layar Kunci dan Keamanan” atau hanya “Keamanan”.

Cara Mengaktifkan Folder Aman di Ponsel Samsung

Ini akan meminta Anda untuk masuk ke akun Samsung Anda. Jika Anda belum membuatnya, buat sekarang. Jika tidak, masuk ke akun Anda.

Tunggu perangkat membuat Folder Aman Anda. Proses ini mungkin memerlukan waktu hingga satu menit. Kemudian, pilih jenis layar kunci untuk Folder Aman Anda. Bergantung pada perangkat Anda, Anda dapat memilih pola, PIN, atau kata sandi, dan mengaktifkan biometrik sidik jari bawaan perangkat Anda juga.

Baca juga : Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung Galaxy

Cara Mengaktifkan Folder Aman di Ponsel Samsung

Folder Aman Anda akan tersedia untuk Anda gunakan seperti aplikasi Android lainnya di perangkat Anda. Cari pintasan aplikasi Folder Aman di layar beranda ponsel Anda atau di laci aplikasinya.

Setelah Folder Aman Anda diaktifkan, ada baiknya untuk melihat-lihat pengaturannya. Anda dapat mengakses pengaturan dengan menekan tombol tiga titik di kanan atas layar Folder Aman. Dari sini, Anda dapat mengelola aplikasi aman Anda dan mengedit jenis kunci, pengaturan kunci otomatis, pengaturan akun, dan pemberitahuan. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan dan nama ikon Folder Aman di laci aplikasi Anda.

Menambahkan Aplikasi ke Folder Aman

Menambahkan Aplikasi ke Folder Aman

Anda dapat menambahkan aplikasi ke Folder Aman Anda, memastikan versi aman dari aplikasi tidak dapat diluncurkan tanpa membuka kunci folder. Untuk melakukan ini, buka Folder Aman Anda dan tekan tombol “Tambah Aplikasi”. Dari sini, Anda dapat menambahkan aplikasi yang sudah ada di ponsel Anda atau menginstal aplikasi baru dari Google Play Store atau Samsung Galaxy Store.

Baca juga: Tutorial Cara Screenshot Samsung A11

Perhatikan bahwa file yang diunduh dalam Folder Aman, seperti dari aplikasi perpesanan atau browser, hanya dapat diakses menggunakan aplikasi dalam folder tersebut.

Anda dapat memindahkan file Anda dari Folder Aman dengan cara yang sama. Buka File Saya atau Galeri di Folder Aman, pilih file, dan tekan “Keluar dari Folder Aman”.

Leave a Comment